Saturday, October 24, 2015

Membentuk Karakter Anak Sejak dalam Kandungan



Dimuat di Radar Surabaya, 18 Oktober 2015. Naskah ini di kirim pada 15 Oktober 2015. 3 hari masa tunggunya.






Judul Buku     : Membentuk Karakter Anak Sejak Janin
Penulis            : Nurla Isna Aunillah
Penerbit          :
Flashbook, Yogyakarta.
Tahun              : I
, September 2015.
Tebal               : 1
72 halaman.
ISBN               : 978-602-
296-137-6
           
            Setiap orang tua pasti ingin memiliki anak dengan karakter, kreativitas, minat, dan kecerdasan emosional yang baik. Apapun akan dilakukan para orang tua untuk memenuhi harapan tersebut. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk meraihnya, bahkan sejak bayi masih berbentuk janin orangtua bisa membentuk karakternya.
            Karakter adalah cara berpikir dan berperilaku yang menjadi ciri khas setiap individu untuk hidup dan bekerja sama, baik dalam lingkungan keluarga, masyarakat, bangsa dan Negara. Individu yang berkarakter baik adalah individu yang bisa membuat keputusan dan siap mepertanggung jawabkan setiap akibat dari keputusan yang ia buat. (halaman 11).
            Upaya pembentukan karakter bagi anak sangatlah penting. Sebab, hal itu bertujuan membentuk pribadi-pribadi yang berakhlak mulia, toleran, senang membantu, gotong-royong, bermental tangguh dan kompetitif, serta senantiasa memiliki ketertarikan pada ilmu pengetahuan. Untuk membentuk karakter anak agar tumbuh menjadi pribadi yang berakhlak mulia bukanlah hal yang ringan, tetapi bukan berarti sulit untuk melakukannya.  Ada beberapa faktor dari orang tua yang berpengaruh pada pembentukan karakter anak dalam kandungan,       
            Temperamin dasar orang tua merupakan faktor pertama yang dapat mempengaruhi terbentuknya karakter anak. Temperamin memiliki pengertian sebagai sikap-sikap dasar yang melekat dan menjadi ciri kepribadian orang tua. Misalnya, sikap cermat, stabil, intim, dominan, dan lain sebagainya. Orang tua yang memiliki sikap tersebut tentu akan bisa menurunkan sikapnya pada sang buah hati. (halaman 63).
            Keyakinan orang tua juga merupakan faktor penting yang dapat membantu dan mempengaruhi pembentukan karakter anak. Keyakinan memiliki pengertian sebagai cara pandang orang tua terhadap sesuatu, atau juga berarti sesuatu yang paling dipercaya oleh orang tua. Jika orang  tua memiliki cara pandang yang bagus dalam menilai sesuatu, maka tentu pandangan itu mempengaruhi sikap, tindakan, dan keputusan-keputusan yang diambil. Keyakinan-keyakina seperti itu sangat baik untuk perkembangan anak dalam kandungan.
           



Membentuk Karakter Anak Sejak dalam Kandungan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Saleh Khana

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.